BERKEMAH

tali pramuka

Jambore pramuka

Kali ini tali pramuka murah akan membahas tentang asiknya berkemah.Petualangan pramuka sejati ketika berkemah adalah hal yang sangat menantang, meng asyikan sekaligur petualangan seru. Banyak pengalaman serta kecakapan dan keterampilan yang akan kita terapkan serta pelajaran kemandirian dan kebersamaan.
Penerapan teori tali temali khususnya kecakapan tali pramuka akan sangat bermanfaat dalam perkemahan. Yang mana pramuka tidak dibekali dengan paku akan tetapi di bekali tali pramuka, serta kemampuan nya menggunakan tali pramuka tersebut untuk menunjang kegiatan dan pertahan hidup seorang pramuka.maka dari itu pemahaman akan penggunaan tali pramuka dan simpul simpulnya sangat dibutuhkan dan menjadi hal wajib bagi seorang pramuka
Untuk mendirikan tenda misalnya diperlukan pengetahuan mengenai tali pramuka, simpul atau ikatan yang digunakan. Yang perlu diperhatikan adalah gunakan tali pramuka ,simpul atau ikatan pada tenda yang mudah mengikat dan melepaskannya. Simpul atau ikatan pada tenda dapat terdiri dari dua hingga empat macam simpul, tergantung dari situasi dan kondisi cuaca pada saat berkemah.
A.Mendirikan Tenda
Tali pramuka, Simpul & Ikatan Tali pada Tenda
Simpul atau Ikatan yang biasa digunakan sewaktu mendirikan tenda, yaitu :

1.Simpul atau Ikatan Pangkal :
Digunakan untuk mengikat ujung tiang tenda atau pasak yang berlobang.

2.Simpul atau lkatan Tiang :
Digunakan untuk mengikat ujung tiang tenda atau pasak yang berlobang.

3. Simpul atau Ikatan Nelayan :
Digunakan untuk mengikat pada lobang diujung pojok tenda.

4.Simpul atau Ikatan Jangkar :
Digunakan untuk mengikat lobang di pinggir tenda agar kencang atau tegang.

Untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang datang secara mendadak, ikatan tali pramuka pada tenda-tenda yang dipasang haruslah memperhatikan hal ini :
Ikatan pada pasak tenda harus mudah dibuka dan dipasang kembali
Penggunaan simpul pangkal tidak cocok, karena itu, Pergunakan tali wangsul.

B.Lingkungan Tenda

1.Selokan Sekeliling Tenda
Galilah selokan disekeliling tenda jika berkemah pada musim penghujan.
Tanah galian ditumpuk di dalam, sehingga tidak perru menggali terlalu dalam.
Jika perlu taburkan garam pada sekeliling selokan untuk mencegah ular masuk tenda.

2.Gapura dan Pagar Batas Regu
Pintu Gapura berfungsi sebagai pintu pekarangan, sebab itu :Ketuklah pintu bila berkunjung ke tenda kelompok/Regu lain.Cantumkan nama Regu, Nama Pinru, Wakil dan Anggota Regu pada Pintu Gapura.Pagar batas merupakan batas tanggung jawab setiap kelompok/Regu, untuk itu Keluar/masuk perkemahan harus melalui pintu gapura.Arena di dalam batas pagar harus dibersihkan sehingga sampah tidak menumpuk.

Beberapa tips diatas adalah hal yang perlu di pahami seorang pramuka ketika mengadakan kegiatan berkemah, guna melatih kemandirian dan belajar surviving dalam keadaan apapun.
Selamat berkemah, semoga menyenangkan.Salam Pramuka