Bumi perkemahan mandalawangi adalah destinasi kita sekarang, yuuk kita camping.

Salam Pramuka,

Sudah beberapa waktu lalu kita membahas tentang bumi perkemahan, kali ini saya akan mengulik keindahan Bumi Perkemahan Mandalawangi atau Mandalawangi Camping Ground , sebuah bumi perkemahan yang berada di kawasan Cibodas ,Letaknya berdampingan atau tepatnya di pintu keluar kebun raya cibodas dan berada di kompleks Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Karena letaknya di bawah kaki Gunung Gede Pangrango yang berhawa sejuk nan asri, Bumi Perkemahan Mandalwangi memiliki nuansa alam yang masih segar dan indah sehingga menjadi salah satu favorit wisata berkemah bagi anggota pramuka, baik siaga penggalang maupun penegak pandega, para petualang dan penyuka kegiatan luar ruangan lainya (Outdoor Activities).

 

Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas memiliki daya tarik eksotis

Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas memiliki kondisi geografisnya terdiri dari sungai, danau, kontur tanah kerikil yang mudah menyerap air, tanah rerumputan, semak, pepohonan, hutan dan dengan keadaan suhu yang relatif dingin. Hal ini menjadi medan yang sangat baik dan juga ideal untuk dijadikan tempat camping atau perkemahan. Selain itu area perkemahan yang luas dan beragamnya camp ground sehingga Anda memilioki banyak pilihan lokasi perkemahan yang ideal sesuai kebutuhan dan selera.

Review singkat nya, begitu kita memasuki areal Mandalawangi Camping Ground, kita akan langsung disambut  patung komodo yang aslinya adalah patung dinosaurus ( weka weka weka ) yang mulutnya terbuka dan berfungsi sebagai jalan atau terowongan. Karena itulah, sebagai masyarakat menyebut Taman Mandalawangi ini sebagai Taman Komodo karena patung yang berfungsi sebagai terowongan yang berbentuk dinosaurus , yang oleh masyarakat sekitar di sebut komodo itu menjadi ikon di sini. Selain sebagai bumi perkemahan, di sini juga terdapat beberapa objek wisata yang tak kalah menarik untuk dinikmati. Diantaranya adalah Danau Mandalawangi Cibodas, sungai Cikundul, jungle track, air terjun Rawa Gede, perahu dayung, patung Dinosaurus, dan juga fasilitas high rope seperti flying fox, lintas danau, lintas tali pohon, dan bebapa permainan petualangan yang Seru Pokoknya

Fasilitas di Mandalawangi Camping Ground yang komplit

Di Mandalawangi Camping Ground ini, Anda bisa dengan mudah menemukan air bersih untuk memasak. Air adalah salah satu fasilitas utama sebuah bumi perkemahan, dan disini tersedia melimpah ruah. Disamping itu tersedia juga WC yang bersih dan sarana ibadah seperti mushola.

Bagi yang tidak membawa perlengkapan berkemah, jangan khawatir… Anda bisa dengan mudah menyewanya di sini. Dan yang ingin seru-seruan bisa dicoba beberapa fasilitas outdoor activity lainnya yang bisa dinikmati seperti flying fox, lintas danau, lintas tali, perahu dayung dan paint ball.

Yang tak kalah penting adalah oleh-oleh buat keluarga di rumah. Penjual oleh-oleh khas Cibodas, Mandalawangi dan Gede Pangrango bisa mudah ditemui di sekitar Mandalawangi Camping Ground. Pasar-pasar tersebut sangat ramai dikunjungi di hari libur. Pilihannya pun banyak, mulai dari aneka sayur mayur, buah-buahan, berbagai olahan pangan, pernak-pernik cindramata, dan banyak lagi yang lainnya.

Harga Tiket Masuk Mandalwangi Cibodas

Untuk Berkemah di Mandalawangi Camping Ground, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 27.500/Orang untuk satu Malam berkemah. Bagi yang ingin jalan-jalan saja dan menikmati objek wisata yang ada di Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas tanpa berkemah, Anda cukup membayar  Rp. 13.500/orang. Tiket itu pun didalamnya sudah termasuk tiket kunjungan, tiket menginap untuk semalam, dan asuransi.

Jadi tunggu apalagi, selamat seru-seruan di Bumi Perkemahan Mandalawangi Camping Ground Cibodas!

Berikut adalah beberapa foto yang menggambarkan sedikit keindahan dari Mandalawangi Camping Ground. Untuk merasakan keindahan yang sebenarnya, Anda harus berkunjung langsung kesana.

silahkan juga kunjungi

Bumi perkemahan Ranca Upas  

Bumi Perkemahan Gunung Pancar 

Galeri Foto