Ranca Upas  memiliki luas area yang sangat luas sekitar 215 Hektar.Sebagai salah satu kawasan Hutan lindung di Bandung,kawasan Upas merupakan sebagai tempat konservasi berbagai macam tumbuhan Flora langka seperti Jamuju, Huru, Hamirug, Kihujan, Kitambang serta  aneka Fauna seperti Burung dan Rusa.

Tempat Wisata Di Bandung Selatan ini sendiri berada pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan air laut,sehingga suhu udara di kawasan wisata alam yang masih sangat alami ini sangat dingin dan ekstrim berkisar di 17 derajat Celsius sampe 20 derajat Celsius.Bahkan apabila di malam hari,suhu di sini bisa mencapai suhu terendah di bawah 0 derajat Celsius.

 

Ranca Upas 2

 

 

 

 

 

 

 

 

Rancaupas ini juga sering dijadikan tempat pelatihan oleh banyak komunitas pecinta alam yang ada di Bandung dan sekitarnya. Selain struktur geografisnya yang begitu mendukung, kondisi Rancaupas sangat memungkinkan untuk para penggiat alam ini berlatih bagaimana cara survival di alam bebas. Tidak cuma itu saja, mereka juga bisa berlatih navigasi di alam dengan baik. Lansekapnya yang berbukit-bukit, hutannya yang lebat dan daratan yang naik turun, Bumi Perkemahan Rancaupas ini memang tempat yang tepat untuk pelatihan.

 

Ranca Upas 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fasilitas permainan outdoor yang menantang dan seru seperti Water Ball, Shake Stairs, Flying Fox, Cargo Net dan lain sebagainya juga ada kok di Rancaupas. Bahkan ada salah satu pohon besar di tempat ini yang dijadikan sebuah rumah pohon yang bisa dijadikan tempat bermain. Jika kalian mungkin datang bersama keluarga, atau ramai-ramai bareng teman, dipastikan kalian tak akan bosan untuk mencoba wahana untuk bermain dan berpetualang di bumi perkemahan ini.

Keberadaan penangkaran Rusa yang ada di Rancaupas juga menjadi salah satu daya tarik utama di tempat wisata alam ini. Menarinya di Rancaupas ini kalian bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa lucu tersebut. Pastikan saja, sebelum memasuki area  penangkaran rusa kalian membeli bungkusan plastik berisi wortel. Memang untuk apa wortel tadi? Yang jelas, para rusa lucu di Bumi Perkemahan Ranca upas akan senang sekali jika diberi wortel tersebut.

Wortel untuk para rusa tadi bisa dibeli dengan harga yang nggak terlalu mahal kok. Harganya hanya sekitar 5000 rupiah saja. Sistem pembelian wortel tadi pun juga sangat unik, karena tidak ada seorangpun yang menjaga wortel-wortel tersebut. Diharapkan pembeli jujur, dengan memasukkan uang sesuai denngan harga wortel ke dalam sebuah kotak yang memang disediakan untuk menampung uang hasil penjualan wortel untuk rusa di Rancaupas.

Ketika kalian masuk ke dalam area dimana Rusa lucu berada, kalian pasti akan langsung didatangi oleh para rusa. Itu semua karena kalian memegang wortel yang merupakan salah satu makanan mereka. Jangan takut ketika didekati oleh kawanan rusa, karena sebenarnya mereka adalah hewan yang cukup jinak. Asalkan kalian nggak iseng atau dengan sengaja mengganggu mereka ya!

Persiapan untuk menuju ke Bumi Perkemahan Ranca Upas harus dipersiapkan dengan matang, terutama jika Anda memutuskan untuk berkemah di tempat ini. Persiapan nya antara lain tentu saja membawa kemah dan peralatannya. Bahan makanan, kompor portable, obat-obatan, air minum, jaket, senter, dan peralatan lainnya harus Anda pikirkan dengan seksama.

Tiket masuk ke Rancaupas sendiri cukup murah kok. Tarif per/orang adalah IDR 10.000. Dan juka kalian membawa mobil maka menambah IDR 5000. Sementara untuk sepeda motor ada tambahan sebesar IDR 2000. Untuk kalian yang ingin berkemah di Rancaupas tanpa mau repot, disini ada tempat persewaan tenda dan perlengkapannya. Untuk dengan kapasitas 4 orang kalian bisa menyewanya dengan harga IDR 70.000 perhari.