Kemah Pertama Baden Powell yang terkenal sebagai bapak kepanduan dunia. Founding gerakan kepanduan yang telah menyebar dan meng influince Lord Robert Baden Powell of Gilwell atau biasa disebut Baden Powell adalah seorang Pahlawan Inggris dalam Perang Boer di Afrika Selatan. Beliau inilah yang menjadi sosok di balik terbentuknya gerakan kepanduan yang saat ini dikenal dengan istilah Pramuka. Berawal dari panggilan jiwa untuk memperbaiki kenakalan remaja yang begitu marak terjadi di London dan beberapa Kota Industri lainya di Inggris. Munculah sebuah gagasan percobaan kegiatan pendidikan non formal melalui kemah pertama selama 8 hari, yakni dari tanggal 1-9 Agustus 1907. Tepatnya, di pulau Brownsea.

Kegiatan kemah pertama ini diikuti oleh 22 remaja, Salah satunya adalah Arthur Primmer. Seorang yang berhasil diundang untuk melakukan wawancara oleh Media Scouting Magazine tahun 1999. Dalam wawancara tesebut, Arthur menceritakan tentang api unggun yang begitu menggetarkannya malam itu. Dimana, Baden Powell yang berada di tengah-tengah lingkaran peserta, tepat di sisi Api yang membara, beliau menceritakan semua pengalaman di medan perang saat dinas militer Inggris di India, Afganistan, dan Afrika.
Pola pendidikan nonformal yang gagas oleh Baden Powel ini memuat tentang kedisiplinan, pertahanan fisik dan mental, serta kekompakan. Para remaja tersebut dibangkitkan jiwa Patriotismenya melalui cerita pengalaman dan keahlian Baden Powell selama di hutan belantara di India dan Afrika.
Bahkan karena ketangguhannya di dalam hutan, orang-orang Suku Zulu di Afrika menyebutnya dengan Julukan Impeesa, yang berarti Serigala yang tidak pernah tidur. Ini bukan tanpa alasan, karena memang Baden Powell bias tidur lelap sambil bersender di pohon.
Baden Powell juga mengajarkan tentang bagaimana cara mencari jejak, mengirim pesan, mengamati hewan,penyelidikan daerah musuh, berbagai macam jenis ikatan dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Inilah aktivitas yang kemudian menjadi Orientasi dasar sekaligus menjadi ciri khas kepramukaan hingga sekarang.

kemah pertama

kemah pertama

Karena melihat adanya sesuatu yang positif dalam aktivitas kemah pertama tersebut, maka Karajaan Inggris yang saat itu dalam kepemimpinan Raja Edward VII menganugerahkan kepadan Baden Powell sebuah gelar Lord Baden-Powell of Gilwell. Tak hanya itu, masyarakat pun turut memberikan sambutan yang luas atas Metode pendidikan non formal yang diterapkan oleh Baden Powell terhadap 22 remaja dalam 8 hari perkemahan tersebut. Inilah yang kemudian menjadi satu pilar berdirinya Organisasi Pramuka Sedunia.Dan Pulau Brownsea kini disebut dengan Kota Suci. Pada Tahun 1920, Baden Powell dinobatkan menjadi Bapak Pramuka Sedunia. Demikian lah Kemah pertama Baden Powell ini begitu meng inspirasi dunia hingga hari ini, banyak kegiatan kemah , jambore, persami ataupun kegiatan per kemahan dengan berbagai aktifitas seru, Salam Pramuka