Lomba Tingkat V adalah kegiatan kepramukaan yang berskala Nasional yang diadakan oleh Kwarnas. Biasanya lomba tingkat V ini diadakan dalam bentuk perkemahan dan dapat diikuti secara beregu maupun perorangan. Lomba Tingkat V biasanya dikelompokkan menjadi beberapa kegiatan dan kriteria lomba antara lain

  1. Kriteria yang bersifat keagamaan, mental spiritual, pembentukan karakter dan pengembangan diri
  2. Ketangkasan yang meliputi kecakapan pionering, tali temali, aneka olahraga dan kegiatan fisik beregu
  3. Keterampilan dan kecakapan bidang kesehatan, komputer, design, fotografi, pembacaan sandimorse , semaphore dan penjelajahan
  4. Seni dan Budaya yang meliputi hasta karya kerajinan hasta karya dan kegiatan seni budaya lainnya.

Dalam setiap kegiatan perlombaan ini di ambil tiga regu putra dan tiga regu putri yang di adu perolehan medali emas terbanyaknya lalu ditetapkan sebagai juara umum sebagai regu tergiat.

Pada lomba tingkat V  tahun ini diadakan di cibubur 22-28 oktober 2017an, dengan tema Persaudaran Mandiri dan Prestasi, Dengan peserta Lomba Tingkat V ini adalah utusan dari 34 provinsi yang telah mendapat saringan di daerah masing masing dan merupakan para pemenang dari lomba tingkat IV yang diadakan di Kwartir Daerah di seluruh Indonesia.

Materi dari lomba tingkat V kali ini ada beberapa yaitu :

  1. Kreasi Dasar
  2. Kreasi Bangsa
  3. Cerita Kemah
  4. Kreasi Saudara
  5. Cerita Unggun
  6. Ekspedisi
  7. Kreasi Rancang Bangun
  8. Pesta Pramuka
  9. Teknologi Tepat Guna
  10. Kreasi Seni
  11. Kreasi Inspirasi dan Kepemimpinan
  12. Karnaval Budaya
  13. Festival Kuliner

lomba tingkat v

lomba tingkat v

lomba tingkat v

Bagi kakak kakak Pramuka maupun Pembina tentunya sangat menunggu lomba tingkat V ini dan biasanya mempersiapan sedini mungkin dengan latihan kecakapan serta mengasah kreativitas untuk tampil sebagai juara. Yang menarik adalah saat lomba kreasi rancang bangun dan teknologi tepat guna yang memanfaatkan kecakapan penggunaan tali pramuka untuk membuat sesuatu yang sederhana namun sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari hari, kemampuan tali temali dan penggunaan tali pramuka yang bagus akan memberikan manfaat di kehidupan keseharian para anggota pramuka apalagi ketika sudah terjun di kehidupan bermasyarakat,  Salam Pramuka.