Munas Pramuka Indonesia tahun 2018 akan di selenggarakan oktober nanti di Kendari, kota cantik di Sulawesi Tenggara. Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Tenggara patut berbangga atas hasil keputusan Rapat Kerja Nasional Gerakan Pramuka yang menyatakan Kwartir Daerah Sulawesi Tenggara sebagai tuan rumah penyelenggaraan Munas Pramuka 2018,  ( Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka ) Tahun 2018.

Kendari adalah salah satu mercusuar di Indonesia Timur, dimana kota tersebut sedang dalam kondisi berkembang kearah maju, kota kendari memiliki pesona yang eksotis yang mana di Sulawesi memiliki keragaman budaya , flora dan fauna yang salah satunya dijadikan logo dari kegiatan Munas pramuka 2018 ini. Marilah kita kupas tentang makna arti dan simbol yang digunakan dalam munas pramuka 2018 di kota cantik Kendari yang sekilas terlihat menggunakan gambar burung khas Sulawesi.

Keputusan tentang tuan rumah penyelenggaraan Munas pramuka 2018  tersebut kemudian dilanjutkan dengan penjabaran kegiatan dalam sinopsis logo kegiatan Musyawarah nasional Gerakan Pramuka 2018. Dan inilah makna dari logo Munas pramuka 2018, sebagai berikut:

Logo Munas pramuka 2018

Munas pramuka 2018

 

 

Penjabaran Bagian-bagian Logo:

  1. Burung Rangkong; Burung Rangkong Sulawesi (Rhytcwros cassidix) adalah spesies endemik yang memiliki sebaran terbatas di Sulawesi,
  2. Menara Persatuan; merupakan salah satu icon yang ada di Sulawesi Tenggara yang terletak di Kota Kendari,
  3. Tunas Kelapa; merupakan Lambang Gerakan Pramuka,
  4. Tulisan “Munas”; adalah singkatan dari Musyawarah Nasional,
  5. Tulisan “Gerakan Pramuka”; merupakan organisasi penyelenggara Munas 2018,
  6. Tulisan “Kendari, Sulawesi Tenggara”; merupakan tempat penyelenggaraan Munas 2018.

Makna Warna Logo:

  • Warna merah memberikan kesan energi, kekuatan dan keberanian menyatakan pendapat dalam Munas 2018,
  • Warna hitam sebagai perlambang ketangguhan, kemantapan dan kesungguhan dalam Musyawarah Nasional untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka,
  • Warna Hijau sebagai repsentasi dari rasa keadilan yang tinggi dalam penyelenggaraan Munas 2018.

Marilah kita dukung, dan doakan semoga Munas Pramuka 2018 berjalan lancar, aman selamet dan Barokah. Menghasilkan putusan yang membawa pada kemajuan dan kejayaan pramuka indonesia. Menjadikan pramuka bagian , unsur penting dalam membangun dan mempersiapkan generasi penerus bangsa yang tangguh berakhlak dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Artikel terkait

Arti Lambang Pramuka, Kenapa harus Tunas Kelapa??

BAPAK PRAMUKA INDONESIA

Relawan Pramuka Indonesia melakukan misi kemanusiaan