kernmantel

tali paracord

Tali paracord bukanlah satu satunya tali yang sering kita pergunakan untuk kegiatan out door,Ada beberapa jenis tali yang akan kita bahas. yaitu tali pramuka,  tali paracord atau tali prusik dan tali kernmantel. atau orang indonesia bioasa menyebutnya karmantel. kami pun memproduksi tali paracord murah dengan kualitas terbaik, selain kami juga memproduksi tali pramuka. Silahkan di simak mas broo

A.Tali Paracord murah atau tali prusik

Tali prusik pasti sudah banyak di kenal secara umum dikalangan para pendaki atau pemanjat tebing karena tali ini meskipun kecil akan tetapi memiliki kegunaan yang sangat banyak. Tentu saja pemanfaatan tali prusik tersebut harus sesuai dengan jenis atau bahan dasar dari tali tersebut karena akan menentukan kekuatan dan juga kualitasnya. Dalam hal ini kami akan sedikit memaparkan mengenai fungsi dan jenis tali prusik.

Fungsi Tali Prusik
Sesuai dengan kebutuhan dan bahannya tali prusik ini memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :
1. Sebagai tali hammock, tali prusik yang dipakai sebaiknya berbahan dasar (isian) Nylon.
2. Sebagai Sling Runner, dipakai penghubung antara karabiner satu dengan yang lainnya, bahan yang dipakai Nylon.
3. Sebagai alat panjat ke atas yang dikaitkan di karmantel, bahan dasar Nylon.
4. Sebagai pengaman yang dikaitkan di harnes, bahan dasar Nylon
5. Untuk memeras tali karmantel, bahan dasar Nylon atau Polyester.
6. Sebagai aksesories biasanya untuk gelang tangan, bahan dasar Polyester.

Jenis Bahan Tali Prusik
Untuk memilih tali prusik yang sesuai dengan fungsi dan kekuatannya bisa kita lihat dari bahan dasar tali prusik tersebut. Karena jika kita salah memilih tali prusik makan akan berdampak fatal bagi kegiatan kita. Disini ada 2 jenis tali prusik berdasarkan bahan dasarnya.

1. Tali prusik berbahan dasar NYLON.
Untuk mencoba kualitas tali tersebut dengan cara membakarnya, apabila ujung yang dibakar menggumpal dan kelihatan rapi berarti bahan nylon tersebut bagus, selain itu lapisan luar jika diraba juga akan terasa halus.
Tali berbahan nylon ini cocok sebagai tali bantu pada kegiatan panjat tebing seperti yang sudah disebutkan pada bagian fungsi tali prusik.

2. Tali prusik berbahan dasar POLYESTER
Tali prusik berbahan polyester tidak cocok dipakai sebagai tali bantu pada kegiatan panjat tebing dikarenakan tidak mampu menahan beban berat. Biasanya tali ini hanya dipakai sebagai aksesories seperti gelang tangan, kalung, tali tenda, tali flysheet.

Untuk saat ini cukup dulu uraian mengenai tali prusik, semoga bermanfaat buat para penggiat alam bebas.

Tali kernmantel adalah tali yang didesain atau dibuat untuk keperluan aktifitas outdoor atau bisa juga untuk keperluan rescue.

Struktur dari tali kernmantel sendiri ada 2, yang pertama adalah bagian inti yang terbuat dari serat-serat nilon, dan yang kedua sesuai dengan namanya adalah bagian mantel atau bagian luar yang melindungi serat inti.

B.Tali Kernmantel

Tali kernmantel ini memiliki banyak fungsi, yang paling sering digunakan adalah untuk kegiatan outdoor seperti climbing, rappelling, caving gua vertikal. Selain kegiatan outdoor, kegiatan rescue atau penyelamatan juga sering menggunakan tali ini seperti penyelamatan disumur.

Dari sekian banyaknya fungsi tentu tali kernmantel dibuat dengan berbagai jenis untuk menyesuaikan kegunaan. Tali kernmantel ada 3 jenis, yaitu :

1. Tali Kernmantel Statis
Tali jenis ini memiliki kelenturan atau daya renggang sekitar 15%. Melihat kelenturan tali ini cukup rendah, untuk itu tali ini biasa digunakan untuk kegiatan rappelling dan caving gua vertikal. Ciri dari tali kernmantel statis ini adalah warnanya biasanya putih/polos dengan sedikit corak tujuannya agar terlihat apabila digunakan saat caving digua yang gelap, yang kedua tali ini apabila dipegang dan di tekuk cukup kaku apalagi kalau kondisinya masih baru.

2. Tali Kernmantel Dinamis
Tali ini mempunyai daya renggang antara 25%-30%, kelenturan tali ini lebih tinggi dibanding kernmantel statis. Karena kelenturannya tinggi maka kemungkinan pemantulannya juga tinggi, untuk itu tali ini biasa dimanfaatkan untuk kegiatan climbing atau rock climbing dengan tujuan jika pemanjat jatuh maka pemanjat tidak langsung terhentak. ciri dari tali kernmantel statis adalah yang pertama biasanya warnanya mencolok & terang seperti merah terang, biru, dan ungu, yang kedua jika dipegang dan ditekuk terasa lemas/ tidak sekaku kernmantel statis.

3. Tali Kernmantel Semi Statis
Tali ini mempunya daya rengang diantara tali statis dan dinamis. Tali ini biasa digunakan untuk kegiatan rescue atau penyelamatan. Alasan digunakan untuk kegiatan rescue adalah tali ini memiliki masing-masing sifat dari kernmantel statis dan dinamis, Sehingga lebih fleksible dalam penggunaanya.