Pembuatan Tali Pramuka

Tali pramuka adalah perlengkapan penting yang sangat wajib dimiliki oleh setiap anggota pramuka. baik itu tingkatan siaga, penggalang , penegak , pandega maupun pembina. Tali ini adalah perlengkapan pendukung utama dari gerakan kepanduan yang sangat vital untuk menunjang kegiatan out door . Kecakapan seorang pramuka juga di perhitungkan dari skill penggunaan tali, simpul maupun ikatan.

tali pramuka

tali pramuka

Tali pramuka ini bisa terbuat dari beberapa jenis bahan , antara lain benang Rayon, Marlon Maupun polyester. Benang benang ini kemudian di pilin menjadi sebuah tali dengan spesifikasi tertentu meliputi diameter, bahan dan panjang.

Untuk penggunaan pramuka di sekolah sekolah atau sangga ataupun gugus depan biasa menggunakan tali pramuka dengan diameter 5 mm dan panjang 5 meter & 10 meter. Adapun untuk tali tenda biasa menggunakan tali yang jauh lebih panjang , misalnya tali pionering dengan diameter 6 – 8 mm dengan panjang sampai 110 meter.

Sedangkan untuk penggunaaan dalam kegiatan yang memerlukan tingkat keselamatan lebih, Biasanya kegiatan pramuka menggunakan tali kernmantel, paracord ataupun tali rapling yang biasanya di gunakn oleh pemanjat tebing , tentara , polisi ataupun untuk kepentingan rescue atau tindakan penyelamatan serta penggiat kegiatan out door. Yang man tali yang dipergunakan adalah tali yang memiliki sepesifikasi khusus yang telah di uji di laboraturium dan memiliki standard keamanan bagi penggunanya,

Untuk tali pramuka ini masih di produksi oleh UKM yang bergerak di bidang produksi benang , yang masih menggunakan tenaga mesin sederhana dan tenaga manusia dan di lakukan secara tradisional oleh kelompok masyarakat penggiat usaha UKM, Salah satunya adalah D’Rope yang memperkenalkan tali pramuka yang terbuat dari bahan sintetis benang polyester POY polyfilament dengan warna putih bersih . Meskipun kegiatan produksi tali pramuka ini masih bersifat tradisional dan bergerak di usaha akar rumput sekelas UKM , namun segi kualitas tetaplah di perhatikan dan dijaga agar supaya produk tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh anggota pramuka.

Deikian juga kemampuan praoduksi serta kualitas yang selalu di tingkatkan demi menjaga mutu dari sebuah produk yang memberikan nilai manfaat kepada khalayak luas sebagai penggunanya.

silahkan kunjungi galeri kami.

artikel terkait

TALI PARACORD & KERNMANTEL

MACAM MACAM SIMPUL

PERLENGKAPAN PRAMUKA