Tali temali dan simpul tali yang kita bahas di artikel yang lalu kamu telah mengetahui simpul-simpul dasar untuk bisa memahami seni makrame, nah berikutnya kami akan membagikan metode-metode apa saja untuk membuat seni kerajinan makrame. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasannya di bawah ini.

 

Metode 1. Membuat Dasar Makrame

A.Carilah benda yang dapat digunakan sebagai penumpu.

tumpuan

id.wikihow.com

Cari benda sebagai penumpu dasar makrame.Benda ini biasanya berupa cincin atau barang horizontal. Walaupun makrame di desain permanen pada penumpunya, alangkah baiknya jika kamu memakai pensil untuk berlatih. Kamu tidak boleh menggunakan penumpu dan menguntai tali pada sebuah bidang datar, namun pastikan tali tetap teruntai dan selaras dengan bidang tersebut. Jika kamu ingin membuat gelang atau kalung, gunakan penarik atau penyambung sebagai tumpuan. Jika bisa terulur, berarti dapat digunakan.

B.Mulailah mengikat simpul jangkar.

tali temali dan simpul tali

id.wikihow.com

Tali temali dan simpul tali , dalam Mengikat Simpul Jangkar dengan tali makrame. Posisikan tali pada atas jangkar lalu tekuklah. Ini merupakan cara yang lazim untuk memulai dan membuat seni makrame. Kamu bisa mendapatkan tali untuk membuat makrame di toko perlengkapan kerajinan. Tali ini mempunyai bahan yang bagus, tetapi seni makrame terdapat pada pembentukan simpulnya. Jika tidak ada tali, kamu juga bisa menggunakan tambang sebagai alternatif pengganti tali.

C.Masukkan sisa panjang tali melewati lingkaran itu.

tali temali dan simpul tali

id.wikihow.com

Tarik sisa panjang tali dari satu sisi menuju sisi lainnya agar lebih mudah.Masukkan sisa panjang Tali temali dan simpul tali ke dalam sebuah lingkaran tersebut

D.Tarik ke arah bawah pelan-pelan untuk merapikan simpul dan akhirnya simpul jangkar pun selesai.

tutorial tali temali

id.wikihow.com

Tariklah sebuah simpulan tali tersebut perlahan-lahan

Inilah teknik dasar yang bisa dipakai untuk memulai pembuatan apapun, dengan catatan beberapa variasi standar yaitu:

Setidaknya ada empat utas tali yang dibutuhkan untuk suatu pembuatan makrame. Akan tetapi jika dalam konisi ini, buat simpul jangkar di dalam simpul jangkar lainnya atau buat dua simpul jangkar bersebelahan.

Gunakan pola warna untuk dua simpul jangkar yang berseblahan. Contohnya biru-biru-merah-merah. Tali biru-merah di bagian tengah akan menjadi jangkar tali. Biru akan menjadi bagian kanan yang akan kamu kerjakan, sedangkn merah akan menjadi bagian kiri. Dengan begitu, warna-wara pada tali itu akan berbeda.

Pola warnanya merah-biru-biru-merah, digunakan untuk simpul jangkar yang berada di dalam simpul jangkar yang ukurannya jauh lebih besar. Tali merah akan menjadi simpulnya, sedangkan tali biru akan menjadi jangkar tali. Dengan begitu, warna yang dihasilkan akan sama.

 

Metode 2. Mengikat Simpul Mati

A.Silangkan tali sebelah kanan ke sebelah kiri.

tali temali dan simpul tali

id.wikihow.com

Menyilangkan tali simpulan dari kanan ke kiri

Kamu juga bisa memulainya dengan menyilangkan tali sebelah kiri. Tali manapun yang akan kamu pilih, hasilnya akan tetap sama yaitu simpul mati. Ini merupakan simpul dasar yang sering ditemukan dalam pembuatan seni makrame. Jika kamu ingin membuat seni makrame, maka inilah simpul pertama yang harus kamu kuasai.

B.Masukkan tali yang sebelah kiri melalui lingkaran yang terbentuk oleh tali sebelah kanan. Sebenarnya hal ini sama dengan cara mengikat sepatu.

tutorial tali temali

id.wikihow.com

Tali simpul mati dimasukkan dalam sebuah lingkaran

C.Rapikan simpul.

Tariklah dengan erat tali simpul mati

tali temali

id.wikihow.com

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah menarik dengan sama kedua bagian tali agar simpul berada di tengah. Jiki kamu berhenti sampai di sini, kamu akan mendapatkan setengah simpul belitan. Dan jika kamu mengulanginya terus menerus, maka hasil yang di dapat adalah rangkaian spiral.

D.Silangkan tali dari sebelah kiri ke sebelah kanan.

tali temali dan simpul tali

Maksudnya, jika kamu memulainya dari simpul sebelah kanan, maka pola yang di dapat adalah kanan, kiri, kanan, kiri dan seterusnya.

E.Masukkan tali sebelah kanan melalui lingkaran yang terbentuk oleh tali yang sebelah kiri. Perlu diingatkan, simpul sederhana ini dimulai dari sisi yang lainnya.

tali pramuka murah

F.Rapikan lagi simpulnya.

tali pramuka 5

Rapikan simpul mati tali putih

G.Ulangi pola ini semau kamu.

tali pramuka murah

Rangkaian simpul ini disebut dengan “sennit”. Lalu berapa panjang sennit yang kamu   inginkan ?.Simpul pipih ganda merupakan variasi dari simpul mati. Diperulkan empat buah tali untuk membuat simpul ini. Dalam pembuatannya, mulailah dengan tali terluar dan buat simpul mati seperti biasa. Kemudian, ambil jangkar tali dan buatlah simpul mati disekitar simpul luar. Sisakan sedikit ruang diantara kedua simpul agar nampak pola selang seling yang menarik. Semakin banyak tali yang digunakan, maka semakin menarik pula bentuknya.